Monokrom Putih

SILASMA

Silaturahmi Nasional Perpustakaan Perguruan Tinggi Muhammadiyah 'Aisyiyah

Seratus tiga belas (113) tahun sejak 18 November 1912, Muhammadiyah didirikan. Muhammadiyah tetap istiqomah menjadi organisasi Islam yang berprinsip pada kemajuan dan kemaslahatan umat. Kiprahnya untuk menjadi solusi bagi berbagai persoalan bangsa terus dilakukan. Mulai dari sektor pendidikan, sosial kemasyarakatan, pemberdayaan perempuan, pengentasan kemiskinan, kesehatan, ekonomi, dan berbagai sektor lainnya menjadi bidang garap yang benar-benar berkontribusi untuk negeri. Apa yang sudah dilakukan Muhammadiyah sangat tepat dengan tema milad Muhammadiyah tahun ini “Memajukan Negeri, Mencerahkan Semesta”.

Kiprah Muhammadiyah dalam sektor pendidikan sangat dirasakan baik di dalam negeri maupun sampai ke luar negeri. Berbagai lembaga pendidikan mulai dari Taman Kanak-Kanak sampai Perguruan Tinggi Muhammadiyah ‘Aisyiyah (PTMA) tersebar di mana-mana. Begitu pula dengan ratusan jumlah PTMA yang turut mewarnai institusi pendidikan tinggi kita. Jumlah PTMA lebih banyak dari jumlah PTN di bawah Kemenristek Dikti (Ridwan, 2020). Hal ini menunjukkan bahwa Muhammadiyah benar-benar berkontribusi memajukan negeri ini.

Perpustakaan merupakan bagian dari sektor penunjang keberhasilan pencapaian sektor pendidikan, terlebih di tingkat Perguruan Tinggi. Mengingat begitu pentingnya peranan Perpustakaan Perguruan Tinggi, maka dibentuklah Forum Silaturahmi Perpustakaan Perguruan Tinggi Muhammadiyah atau FSPPTM sebagai sebuah organisasi yang menghimpun seluruh perpustakaan yang bernaung di bawah institusi Perguruan Muhammadiyah pada tahun 2004 di UM Yogyakarta. Pada tahun 2021 di UM Surakarta, FSPPTM berganti nama menjadi Forum Perpustakaan Perguruan Tinggi Muhammadiyah ‘Aisyiyah atau FPPTMA. Pergerakan FPPTMA terasa pasti dari waktu ke waktu. Berbagai bidang kerja telah dilaksanakannya, baik dalam bidang organisasi, bidang SDM dan Diklat, bidang kerja sama dan hubungan masyarakat, dan bidang Teknologi Informasi.
Narasumber

  1. Syafril, S.Pd., M.Pd., (Wakil Rektor I Universitas Muhammadiyah Mataram)
  2. Ismail Fahmi, Ph.D (Founder PT Media Kernels Indonesia, Founder Drone Emprit Academik, Dosen MTI UII Yogyakarta)